Selasa, 15 April 2014

Teknik Pengayaan

Teknik Pengayaan 

Teknik pengayaan ini bertujuan untuk mengkelompokan besar ukuran ikan lele untuk ditaruh pada satu kolam yang sama. Dimana didalam masa panen nantinya agar ukuran ikan lele menjadi sama dan dapat diterima semua di pasar, dibawah ini gambar teknik pengayaan yang kami lakukan :
 Gambar 1 : Pengambilan ikan lele dengan media trol

Sebelum melakukan pengayaan kita ambil ikan lele yang sudah mendekati remaja dengan cara trol, hal ini dilakukan dengan pertimbangan tingkat kepadatan, ruang gerak dan ukuran ikan lele supaya pertumbuhan ikan lele tersebut lebih cepat.

 Gambar 2 : Teknik Pengayaan dengan menggunakan seser ( ukuran tertentu )

Teknik pengayaan dengan menggunakan seser ini bertujuan agar mempermudah mengetahui ukuran ikan lele. Dimana ukuran lubang seser ini dibuat sesuai dengan ukuran ikan lele yang mau diambil, sehingga ikan lele yang ukuranya kurang atau tidak sesuai akan keluar sendiri.

 Gambar 3 : Teknik Pengayaan dengan cara sortir

Teknik Pengayaan juga bisa dilakukan dengan cara sortir tapi hal ini terlalu banyak membutuhkan waktu yang dapat menyebabkan kelelahan ikan lele tersebut sehingga dapat menimbulkan kematian.  Teknik sortir ini kami lakukan setelah menggunakan teknik pengayaan dengan mendia seser, hal ini dilakukan hanya untuk mencari beberapa ukuran ikan lele yang terlewatkan.

Gambar 4 : Pemindahan  ikan lele hasil pengayaan ke kolam kosong

Setelah proses pengayaan dilakukan kita pindahkan ikan lele dengan ukuran yang sama ke kolam yang kosong atau yang tersedia ( sesuai ukuran ).
 
Sumber : http://uppb-pujipa.blogspot.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Apabila Berkenan Untuk Kritik Dan Sarannya.